Tuesday, July 14, 2009

Yuk, Mengembalikan Jati Diri Bangsa!

Seperti apa Anda menilai bangsa kita sekarang? Apakah masih santun seperti yang dulu sering kita dengar dari mata pelajaran PMP atau PPKN di SD? Ataukah masih ramah seperti yang pernah dikenal oleh turis mancanegara? Apakah beradab layaknya negeri Timur yang begitu menjaga budi pekerti? Apa pendapat Anda ketika mendapat ajakan untuk mengembalikan jati diri bangsa? Apakah memang kita sudah kehilangan jati diri bangsa yang sesungguhnya?

OMG, saya sungguh bingung menjawabnya. Saya malu untuk mengatakannya. Ketika mengingat, betapa banyaknya kasus pemuda yang terjerat narkoba di negeri ini. Betapa sering mahasiswa, bahkan pelajar melakukan tawuran antar siswa. Betapa tidak malunya pejabat melakukan korupsi uang negara. Betapa semakin beraninya video porni beredar dimana-mana. Betapa tidak beradabnya orang tua yang menyiakan anaknya. Lantas, apakah kita cukup berdiam diri saja? Asyik menonton televisi dengan suguhan aneka ragam berita yang membuat kita cukup miris dan tertegun sesaat. Kemudian, kita asyik dengan dunia kita, terlupa, dan tidak peduli dengan kondisi bangsa kita. Adakah begini cara Anda menyikapi masalah bangsa yang semakin carut marut ini? Tidakkah hati Anda terbersit dan tergerak untuk ikut andil mengembalikan jati diri bangsa?

Jika semua orang tidak peduli, lantas mengapa Anda masih mengaku sebagai warga Negara bangsa ini? Apakah Anda merasa semuanya sudah terlambat? Percuma, toh semuanya akan terulang, lagi dan lagi. Bukankah Anda juga tidak ingin bangsa kita semakin rusak dan tidak bermoral? Bukankah Anda ikut rugi jika Anda tidak bisa menemukan rasa aman, nyaman hidup di negeri sendiri? Apakah Anda tidak khawatir jika adik atau saudara Anda terjebak kemaksiatan, seperti terjerat narkoba dan masih banyak lagi? Stop, sudah saatnya Anda bangun dari ketidakpedulian Anda selama ini! Menjadi tanggung jawab kita semua untuk mengembalikan jati diri bangsa kita.

Ya, cobalah berpikir, seburuk apapun kondisi bangsa ini, kita harus membuatnya lebih baik lagi. Caranya, tidak perlu jauh-jauh, Anda bisa memulainya dari diri Anda sendiri. Sebagai contoh sederhana, cobalah untuk selalu berperilaku santun, ramah, suka menolong, murah senyum, tidak menyakiti, dan sebagainya. Jika Anda konsisten melakukannya, tidak mustahil orang di sekitar Anda akan kagum dan terpengaruh untuk berperilaku seperti Anda. Lakukan dimana saja, tidak peduli apakah Anda akan mendapat sambutan yang sama atau tidak, itu tidak menjadi soal. Niatkan terus bahwa cara sederhana ini akan mampu mengembalikan jati diri bangsa kita.

Selanjutnya, cobalah melakukan kegiatan positif di lingkungan sekitar, seperti pengajian, diskusi, belajar ketrampilan, dan sebagainya. Hal ini bertujuan agar masyarakat semakin tercerahkan untuk menjalankan kehidupan yang lebih baik, sibuk menghabiskan waktu untuk kegiatan yang positif. Tidak peduli apakah Anda ibu rumah tangga, pelajar, mahasiswa, karyawan, pasti selalu ada orang yang bisa Anda ajak untuk melakukan kebaikan, dan mengupayakan untuk mengembalikan jati diri bangsa.

Nah, jika lingkungan kecil Anda sudah terbentuk dengan baik, maka lingkungan yang lebih luas lambat laun mengikuti. Jika semakin banyak orang yang mau dan berusaha untuk menerapkan hal ini, bukan tidak mungkin kita bisa mengembalikan jati diri bangsa kita. Oh ya, jangan lupa untuk terus berdoa untuk kemajuan dan keselamatan bangsa kita. Jauh dari orang-orang jahat, perbuatan tercela, sehingga bisa damai dan sentosa.

Dan, apa yang saya lakukan ini semoga ada manfaatnya : mengikuti kontes SEO yang diadakan BeritaJitu.com, berharap semakin banyak orang yang peduli dan tergugah untuk mengembalikan jati diri bangsa. Semoga!

No comments: